Sunday, December 16, 2018

Penyusunan Media Massa dalam Jaringan Online







Pada saat ini, pengguaan media jaringan/Online khusunya penggunaan website semakin hari semakin bertambah banyak hal ini terjadi karena kemajuan teknologi dan tuntutan hidup pada jaman sekarang. Seiring dengan itu penyedia jasa pembuatan website murah juga tumbuh dan berkembang di mana mana. Berkaitan dengan penyusunan media masa jaringan itu sendiri, terdiri atas tiga bagian penting, yaitu: 

1.      Penyiapan konten
Tahap penyiapan konten ini, kurang lebih merupakan tahap perencanaan awal, baik dalam penyiapan konsep media, maupun isi dari media itu sendiri. Pada tahap ini perlu menentukan tujuan dari situs yang akan dibuat. Anda juga melakukan analisa dan pengumpulan data yang diperlukan oleh situs, kemudian menempatkan beberapa kebutuhan tersebut ke dalam situs yang akan dikembangkan. Untuk bekerja lebih profesional, Anda harus membuat jadwal kerja. Pada tahap ini Anda sudah mulai melakukan perancangan terhadap draft atau arsitektur situs. Dalam penyiapan konten ini, perlu juga dipikirkan konten apa saja yang dimasukan, apakah dalam media itu hanya berisi berita saja, atau ada beberapa konten lainnya, seperti iklan, dan lain sebagainya. Contohnya, pada pembuatan blog, dalam tahap persiapan, perlu didaftarkan terlebih dahulu, apa saja yang akan dimasukan dalam media. 

2.      Proses editing
Proses editing ini merupakan, tahap kedua yang dilakukan dalam penyusunan media dalam jaringaan. Setelah tahap perencanaan sudah selesai, maka langkah kedua yang dilakukan adalah, tahap editing. Tahap editing ini, bisa juga disebut dengan tahap mendesain dan bagiamana caranya tulisan dimasukan ke dalam situs yang sudah disiapkan, mulai dari penulisan judul, sampai pada tahap-tahap seterusnya, dan membuat halaman situs itu menjadi menarik. Hal ini dapat berupa kombinasi warna-warna unik, tata letak, jenis huruf yang membuat isi situs Anda akan sangat memikat dan mudah untuk dibaca. Desain situs Anda juga harus memberikan imej yang tak terlupakan yang akan membedakan situs Anda dengan saingan-saingan lainnya. Keputusan tentang bagaimana situs Anda harus berinteraksi dengan para pengunjung sehingga memudahkan mereka bernavigasi di situs Anda dan bagaimana informasi dikategorikan sehingga para pengunjung dapat mengakses informasi yang mereka kehendaki secepat mungkin ditentukan dalam tahap ini. 

3.      Tahap publishing
Tahap yang dilakukan setelah tahap editing, pada tahap ini, tahap dimana membagikan konten yang sudh dibuat kepada publik atau kepada khalayak umum. Contoh penyusunanya sebagai berikut :
a)     Tahap 1
Login masuk pada situs, dengan memasukan Email dan password akun. 
b)     Tahap 2 
Masuk ke situs lalu meng-klik tombol yang dilingkari, sebagai tanda membuka halaman untuk memasukan tulisan) 
c)     Tahap 3 
Masuk ke halaman
d)     Tahap 4 
Mulailah untuk menuliskan judul/topik tulisan
e)     Tahap 6 
Mengatur warna tulisan, agar bisa menyesuaikan dengan background
f)      Tahap 7 
Setelah semua tahap editing selesai, untuk mempublikasikannya, langsung mengklik tanda yang bertuliskan ‘Publikasi’, seperti yang ditunjukan oleh arah panah di bawah ini )
g)     Tahap 8 
Setelah dipublikasikan, maka di halaman beranda, akan muncul daftar tulisan  yang sudah diupload 
h)     Tahap 9 
Setelah mengunjungi halaman situs Blog, maka akan muncul halaman situs seperi ini 



No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...