Sunday, December 16, 2018

Apa Itu Blog???

Dalam buku Guru Go Blog (2013), blog adalah kependekan dari kata weblog. Blog merupakan aplikasi web yang di dalamnya berisi konten berupa tulisan-tulisan yang dikenal dengan istilah posting. Posting di blog bisa diperlihatkan kepada khalayak luas menggunakan URL halaman web umum.
Menurut Herutomo (2010), blog didefinisikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs ini biasanya dapat  diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tertentu.
Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatan ke dalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. Hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet. Pengunjung blog juga dapat memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula meng-upload file. Sehingga pengunjung dapat mengunduh file yang kita posting.
Berdasarkan beberapa referensi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa blog atau weblog merupakan aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan, gambar, video, maupun media lainnya (disebut postingan) dan ditujukan pada khalayak umum. Blog juga dilengkapi dengan fasilitas berupa kolom komentar sebagai wujud umpan balik bagi bloger dalam memperbaiki blognya.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...