Sunday, December 16, 2018

Jenis-jenis blog

                                       

                                          
 
1.     Blog Pribadi
Blok pribadi merupakan blog milik pribadi yang isinya bermacam-macam. Sering disebut juga dengan buku harian online. Misalnya berisi tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, pusi, syair, atau curhat saat galau.

2.     Blog Bertopik
Blok bertopik merupakan blog yang dikhususkan membahas mengenai topik tertentu. Misalnya, membahas tentang fotografi, bisnis online, pemrogaman, dll.

3.     Blog Kesehatan
Blog kesehatan merupakan blog yang membahas masalah-masalah yang spesifik tentang dunia kesehatan. Blog kesehatan biasanya berisi tentang keluhan pasien, atau keterangan-keterangan tentang kesehatan. Biasanya blog ini ditulis oleh praktisi kesehatan seperti dokter, perawat, hingga bidan. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog kesehatan.

4.     Blog Sastra
Blog sastra merupakan blog yang lebih dikenal sebagai litblog (literaty blog) yang berisikan mengenai dunia sastra, mulai dari membuat puisi hingga resensi dunia sastra. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog sastra.

5.     Blog Perjalanan atau travelling
Blog perjalanan merupakan blog yang membahas cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan. Blog ini biasanya ditulis oleh orang yang gemar jalan-jalan. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog perjalanan atau travelling.

6.     Blog Riset atau penelitian
Blog riset merupakan blog yang membahas tentang dunia akadmis seperti berita riset tentang penemuan-penemuan terbaru.

7.     Blog Hukum
Blog hukum merupakan blog yang kontennya berupa persoalan hukum. Blog ini sering disebut dengan blawgs (blog laws). Berikut merupakan salah satu contoh dari blog hukum.

8.     Blog Media
Blog media merupakan blog yang fokus membahas berbagai macam informasi seputar media massa, baik elektronik ataupun media cetak. Blog ini biasanya ditulis oleh wartawan atau pekerja media.

9.     Blog Agama
Blog agama merupakan blog yang membahas tentang agama, umumnya tentang ilmu agama yang membahas syariat dan cara-cara melakukan ibadah. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog agama.

10.  Blog Pendidikan
Blog pendidikan merupakan blog yang berisikan opini mengenai kependidikan atau blog milik institusi Pendidikan. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog pendidikan.

11.  Blog Komunitas
Blog komunitas merupakan blog yang membahas topik khusus yang digemari, kemudian ditulis oleh komunitas tertentu. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog komunitas.

12.  Blog Direktori
Blog direktori merupakan blog yang berisikan ratusan link halaman blog atau website lain. Biasanya diperlukan untuk aspek Search Engine Optimization (SEO) atau untuk mempermudah orang mencari beraneka ragam informasi atau satu blog. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog direktori.

13.  Blog Hobi 
Blog hobi merupakan blog yang berfokus pada objek atau hobi tertentu. Misalnya, memelihara kucing, kegiatan memancing, bersepeda, dan sebagainya. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog hobi.

14.  Blog Bisnis
Blog bisnis merupakan blog yang dibuat oleh pegawai atau wirausahawan untuk menunjang kegiatan promosi bisnis atau tempat mereka bekerja. Berikut merupakan salah satu contoh dari blog bisnis.

15.  Blog Spam
Blog spam merupakan blog yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi sampah yang sebenarnya tidak berguna di internet. Misalnya, blog yang berkedok bisnis offline, internet marketing, atau menawarkan produk tertentu. Blog ini juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...