Sunday, December 16, 2018

Fungsi dan Ciri Newsletter


Fungsi dan Ciri Newsletter

            Artikel ini akan membahas tentang fungsi-fungsi dan ciri dari newsletter. Adapun penjabarannya sebagai berikut.
A. Fungsi Newsletter:
1. Newsletter dapat memberikan dorongan untuk memperkuat komitmen dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan serta perbaikan moral kerja karyawan-karyawannya.
2. Newsletter dapat berfungsi sebagai media komunikasi yang menjembatani pihak manajemen dan karyawan sehingga terjadi komunikasi dua arah.
3. Newsletter sebagai media publikasi melalui penyampaian informasi tentang kegiatan atau apa saja yang berkaitan dengan perusahaan kepada pihak lain.
4. Newsletter  dapat menjadi jembatan atau wahana penjalin hubungan dengan publik internal dan eksternal.
5. Newsletter sebagai representative citra korporat dimata publik baik buruknya kualitas newsletter yang akan menunjukan citra siapa pembuatnya.

B. Ciri-ciri Newsletter
1.   Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya). Seperti yang kita tahu, newsletter berfungsi untuk menawarkan jasa atau barang dari sebuah perusahaan.
2.   Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/ organisasi/ lembaga/ komunitas lainnya.
3.   Informasi yang disajikan bersifat ringan, mudah dibaca, dan mudah dimengerti.
4.   Profil pegawai berfungsi untuk menambah keyakinan pembaca untuk membeli barang atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan.
5.  Tidak seperti majalah ataupun media cetak lainnya, newsletter ini memiliki sedikit halaman hanya sekitar 1 sampai 2 halaman.
6.   Desain yang disajikan didalam newsletter dibuat dengan semenarik mungkin agar menarik peminat pembacanya.
7.  Tak hanya berita yang disajikan didalam newsletter, perlu juga diberi berbagai foto kegiatan agar newsletter yang dibuat tidak terlalu monoton atau membosankan.
8.   Isi atau konten dari newsletter bisa jadi sama karena fungsinya. Oleh karena itu, newsletter diterbitkan secara berkala untuk mempersempit kebosanan pembaca.


No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...