Sebagai masyarakat modern tentunya kita
sangat akrab dengan yang namanya media massa, entah itu media massa yang berupa
cetak, elektronik, maupun online. Akan tetapi, pernahkah terlintas di pikiran
kita tentang isi/bagian dari suatu media massa? Media massa sendiri terdiri
dari 3 bagian, yaitu:
1)
Berita
Secara Etimologis (
asal-usul kata ) berita berasal dari bahasa sansekerta yaitu “Vrit” yang
artinya “ada” atau “terjadi” dan
“Vritta” yang artinya “kejadian” atau “yang telah terjadi”. Berita adalah laporan tercepat dari suatu
peristiwa atau kejadian faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar
pembaca, serta menyangkut kepentingan orang banyak (Romli,2000:1). Sedangkan menurut KBBI, berita yaitu cerita atau keterangan mengenai kejadian atau
peristiwa yang hangat. Berdasarkan kedua pengertian berita di atas, dapat
disimpulkan bahwa berita adalah
suatu informasi yang baru terjadi atau sedang terjadi dari suatu peristiwa
berupa faktual dan penting, dapat tersaji dalam bentuk cetak, siaran, internet
atau bisa juga dari mulut ke mulut kepada orang lain atau orang banyak. Berita
terpublikasi dengan cara media secara berkala misalnya pada surat kabar, radio,
televisi dan media online.
A. Syarat-Syarat Berita:
A. Syarat-Syarat Berita:
a) Berdasarkan
fakta atau kenyataan
Berita haruslah berdasarkan
kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata.
b) Aktual atau terkini
Artinya berita yang disampaikan
harus yang terkini atau terbaru, jarak maupun waktu kejadian harus berdekatan
dengan waktu penyampaian berita tersebut.
c) Seimbang
Artinya berita harus ditulis dan
disampaikan dengan seimbang, tidak memihak kepada salah satu pihak. sehingga pendengar atau pembaca dapat mengerti dengan
baik. Berita harus benar-benar asli dan tidak berat sebelah atau tidak boleh
memihak pada satu pihak (misalnya seperti saat pemilu), sehingga nantinya tidak
menimbulkan kesan yang negatif.
d) Lengkap
Berita harus disusun secara
lengkap, supaya jelas saat disampaikan dan dapat dimengerti serta dapat
memenuhi unsur-unsur dari berita.
e) Menarik
Artinya berita harus mampu menarik
minat pembaca atau pendengarnya. Berita dapat dikatakan menarik bila bermanfaat
bagi pembaca atau pendengarnya.
f) Sistematis
Berita seharusnya disusun secara
sistematis, urutannya jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam menangkap
isi berita. Berita yang sangat penting sebaiknya diletakan di awal.
g) Akurat
Berita haruslah akurat, dalam
menyusun berita harus bertanya kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan
berita yang akan disampaikan.
h) Mudah
Mudah berarti dalam menyusun
berita, kata-kata yang digunakan harus mudah dipahami atau dimengerti oleh para
pembaca dan pendengar.
B. Ciri- ciri Berita:
a) Aktual (informasi terkini).
b) Faktual (berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan
atau tempat kejadian).
c) Objektif (tidak memihak).
d) Publisitas (layak di informasikan kepada
umum/masyarakat).
e) Menarik perhatian, Berita harus dapat menarik
perhatian, salah satu tujuannya supaya dapat menarik perhatian masyarakat
sehingga masyarakat ingin segera mengetahui isi berita tersebut.
C. Unsur-unsur yang Harus Ada dalam Berita
Berita mengandung berbagai
unsur-unsur penting yang harus ada di
dalamnya. Unsur-unsur tersebut yaitu:
a) What,
yaitu berita harus memuat informasi mengenai apa yang sedang terjadi.
b) Who,
yaitu berita harus memuat informasi mengenai siapa saja yang terlibat dalam
kejadian yang diberitakan. Siapa yang terlibat dalam kejadian itu : subjek,
pelaku, korban, saksi, orang, lembaga, dsb.
c) Why,
yaitu berita harus memuat informasi mengenai alasan, tujuan, atau latar
belakang kejadian yang diberitakan.
d) When,
yaitu berita harus memuat informasi mengenai kapan kejadian yang diberitakan
terjadi.
e) Where,
yaitu berita harus memuat informasi tentang lokasi kejadian.
f) How,
yaitu berita harus memuat mengenai bagaimana kejadian yang diberitakan tersebut
bisa terjadi, detail peristiwa, dan suasana peristiwa atau acara.
D. Jenis-jenis Berita:
a) Straight News atau
Berita Langsung
Straight
news adalah
jenis berita yang biasanya ditulis secara to the point, lugas, dan ringkas
serta berisi informasi tentang peristiwa terkini/terbaru (aktual), terhangat,
dan juga menarik. Selain itu, Straight News ini dibagi menjadi 2 yaitu pertama
Hard News, biasanya berita penting yang sangat terupdate ataupun terbaru
(aktual) dan sangat penting untuk segera disampaikan kepada pembaca hingga
biasanya jenis berita ini menjadi berita utama pada surat kabar, contoh yang termasuk
kedalam hard news seperti berita perang, politik, kriminalitas dan ekonomi
negara. Kedua, Soft News merupakan berita lunak atau ringan yang biasanya
memberikan informasi mengenai latar belakang atau kisah-kisah kemanusiaan,
contoh berita yang termasuk kedalam soft news adalah seni, hiburan, dan gaya
hidup.
b)
Opinion
News
Opinion
news merupakan
berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai
suatu hal, ide kreatif, pemikiran ataupun komentar terhadap sesuatu yang
penting. Berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli,
cendikiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa.
Contoh dari opinion news misalnya adalah pendapat dari pengamat ekonomi
mengenai turunnya harga rupiah di dunia.
c) Berita
Interpretasi
Berita Interpretasi merupakan jenis
berita yang merupakan perkembangan dari Straight
News. Perkembangan di sini maksudnya adalah dengan adanya penambahan
informasi latar belakang, wawancara dengan berbagai sumber dan pengamat, serta
menambah data-data terkait sehingga dapat menghasilkan berita baru yang lebih
detail, dan lebih lengkap. Berita Interpretative ini sangat membutuhkan wawasan
yang luas dan juga ketajaman analisi dari sang wartawan.
d) Depth News yaitu
Berita Mendalam
Depth News adalah
berita yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu
permukaan. Unsur berita yang ditekankan adalah “Mengapa” atau “Why” (mengapa
suatu peristiwa bisa terjadi) dan “Bagaimana” atau “How” ( bagaimana peristiwa
itu terjadi, detail peristiwa), serta So what (lalu bagaimana dampaknya atau
bagaimana selanjutnya?). Dalam hal ini tujuan Depth News adalah untuk lebih
mengangkat sebuah masalah secara mendalam. Contoh: Ibu Kota Jakarta selalu
dilanda banjir setiap kali musim penghujan datang.
e) Investigation News
Investigation
News adalah
Liputan Penyelidikan, maksudnya adalah berita yang dikembangkan berdasarkan
penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Contoh: Praktik Korupsi di
kalangan pejabat DPR. Investigation news ini hampir sama seperti depth news.
Hanya bedanya, depth news hanya melaporkan peristiwa secara mendalam sedangkan
Investigative News dilakukan karena wartawan “menduga” ada pelanggaran yang
merugikan kepentingan umum namun ditutup- tutupi kalangan tertentu.
Contoh berita :
2)
Opini
Menurut
Webster’s New Collegiate Dictionary opini merupakan suatu pandangan, keputusan
atau taksiran yang terbentuk di dalam pikiran mengenai suatu persoalan
terntentu. Selain itu, menurut Frazier Moore (2004), opini lebih kuat dari pada
sebuah kesan tetapi lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif. Opini
merupakan suatu kesimpulan yang ada dalam pikiran dan belum dikeluarkan untuk
diperdebatkan.
A. Jenis-jenis Opini dalam Media Masaa:
a)
Tajuk Rencana
Tajuk
rencana sering juga disebut
editorial, tajuk rencana merupakan tulisan berupa opini,
komentar, pendapat seseorang terhadap peristiwa atau isu-isu yang berkembang
dimasyarakat Tajuk rencana
dalam surat kabar memiliki beberapa makna penulisan seperti menjelaskan suatu
peristiwa, memberi wawasan kepada pembaca, membuat suatu analisis, dan mencari
nilai kebenaran atau fakta dalam suatu berita.
b)
Feature
Feature
adalah opini yang memfokuskan keindahan tulisan jurnalistik dengan tulisan
sastra. Opini yang dibahas mengenai peristiwa yang sedang berlangsung di
masyarakat dan menjadi sorotan publik. Penambahan gaya bahasa sastra seperti
personifikasi (mengumpamakan benda mati seolah-olah menjadi hidup) menjadi daya
tarik pembaca. Terkadang pembaca juga merasa tersentuh hatinya karena bentuk opini
yang dikemas dalam bentuk cerita sastra yang indah, tetapi tidak keluar dari
fakta peristiwa tersebut.
c)
Resensi
Resensi merupakan bentuk tulisan dari ulasan sebuah buku,film, musik dan
lain sebagainya. Resensi film, buku, dan lagu terdiri
atas kutipan cerita, kekurangan dan kelebihan, serta perkenalan para pelaku
atau pemain.
d)
Artikel
Artikel merupakan karangan yang sifatnya faktual yang kemudian dipublikasikan
untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Artikel
sebagai opini berisi pembahasan mengenai isu-isu terhangat yang sedang
berkembang di masyarakat. Fungsi opini dalam artikel untuk mewakili aspirasi
rakyat kepada pemerintah, memberikan solusi dalam suatu masalah, mengkritik,
memberi saran, dan harapan-harapan lain dari rakyat untuk pemerintahan yang
lebih baik.
e) Kolom
Kolom
berisi tanggapan berupa opini yang sesuai dengan pandangan kolumnis. Opini pada kolom memiliki tema yang
beragam mulai dari pembahasan politik, sosial, ekonomi, olahraga, dan lain
sebagainya. Setiap surat kabar biasanya memiliki masing-masing satu kolumnis
pada setiap kolom.
f) Esai
Esai
merupakan suatu karangan tulisan
yang berisi sebuah tanggapan terhadap suatu masalah yang bersifat
kontroversial. Esai termasuk ke dalam golongan sastra karena opini esai
kebanyakan membahas masalah kebudayaan seperti seni musik, seni sastra, seni
rupa, dan lain sebagainya. Esai
bertujuan untuk mengekspresikan perasaan, kritik, dan kesan terhadap suatu
permasalahan budaya.
g) Pojok
Pojok merupakan
suatu rubrik yang berperan penting dalam mencerminkan sikap redaksi pada surat
kabar. Jika dilihat dari peletakan pojok, sesuai dengan namanya pojok berada
pada sudut surat kabar dan memanfaatkan kolom kecil dan memanjang. Pojok berupa
kutipan singkat dari opini atau pernyataan narasumber terhadap suatu peristiwa.
h) Karikatur
Karikatur merupakan sebuah gambar
wajah seseorang yang di ekspresikan secara
berlebihan. Karikatur digolongkan sebagai opini karena karikatur yang biasa
ditampilkan dalam surat kabar bersifat menyindir dan berfungsi untuk
mengekspresikan sikap tidak setuju terhadap peraturan pemerintah. Karikatur digunakan oleh seorang jurnalis sebagai
opini redaksi media yang memuat kelucuan atau humor yang ditujukan untuk kritik
sosial dan kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui surat kabar.
Contoh Opini :
3)
Iklan
Pengertian
dari iklan menurut beberapa ahli seperti menurut Courtland L. Bovee yang
menyatakan iklan merupakan suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar
dan sifatnya persuasif tentang suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang
dimuat melalui berbagai media. Namun, secara umum pengertian iklan adalah suatu
bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau
perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau
jasa yang ditujukan kepada khalayak, maksud dan tujuan dibuatnya iklan tersebut
adalah untuk membujuk atau mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik
menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
A. Tujuan iklan :
a) Memberikan
informasi kepada setiap orang mengenai suatu produk barang atau jasa, merek,
perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan
menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
b) Mempengaruhi
orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk
atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.
B. Manfaat:
a) Produk atau
jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.
b) Konsumen
baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang
diiklankan.
c) Keuntungan
pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang
diiklankan.
d) Meningkatkan
brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah
mengidentifikasi produknya.
C. Ciri-ciri Iklan:
a) Informasi
atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif
b) Iklan menggunakan
kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.
c) Menggunakan
kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti
oleh masyarakat atau target market.
d) Menjelaskan
tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.
D. Jenis Iklan:
a) Berdasarkan
isinya, iklan dibagi menjadi tiga, yaitu:
·
Iklan Pemberitahuan
Iklan Pemberitahuan
Iklan
pemberitahuan bertujuan untuk menarik perhatian orang tertentu melalui sebuah
informasi atau pemberitahuan, contoh iklan pemberitahuan seperti Iklan berita
duka cita dan Iklan reuni alumni sekolah.
·
Iklan Penawaran
Iklan Penawaran
Iklan
penawaran bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.
Contoh iklan penawaran seperti Iklan penawaran barang/ produk, misalnya tas,
sepatu, smartphone, dan lain-lain dan Iklan penawaran jasa, misalnya jasa
kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.
·
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan Layanan Masyarakat
Iklan
layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada
masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat
oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.
b) Berdasarkan
media yang dipakai, maka terdapat jenis iklan, yaitu:
·
Iklan Cetak
Iklan Cetak
Iklan cetak
adalah iklan yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser, sablon,
letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering kita lihat di surat
kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.
·
Iklan Elektronik
Iklan Elektronik
Iklan elektronik
adalah iklan yang memanfaatkan media elektronik seperti: radio, televisi, film,
dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah beberapa iklan
elektronik, meliputi Iklan radio yang hanya bisa didengarkan saja karena
bentuknya hanya suara (audio). Contoh iklan radio adalah Ad-lib, Spot, dan
Sponsor Program. Selanjutnya, iklan televisi terdapat unsur suara, gambar,
gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa contoh iklan
televisi adalah Live Action, Animation, Stop Action, Musik, Sponsor Program,
Running Text, Backdrop, Credit Title. Kemudian, iklan film yang dapat dilihat
ketika kita melihat sebuah film/ cinema. Biasanya iklan tayang sebelum film
dimulai dimana bentuk iklan adalah live action, dan endorsement.
·
Iklan Media Digital Interaktif
Iklan Media Digital Interaktif
Iklan jenis
ini tayang di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis
iklan di media digital diantaranya Banner & Button, Website, Sponsorship,
Search Engine Marketing, Email Marketing, Classified Ads, Social Media
Marketing, dan lain-lain serta terakhir Iklan luar ruang yang mana jenis iklan
ini adalah iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat
khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini adalah iklan transit,
mobile billboard, outdoor standar, display, dan lainnya.
c) Berdasarkan
tujuannya, iklan dibagi menjadi :
·
iklan Komersial
iklan Komersial
Bertujuan
untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan. Jenis
iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu: iklan konsumen yang ditujukan pada
konsumen akhir (end consumer) suatu produk, iklan bisnis yang ditujukan kepada
pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen
akhir.,iklan profesional yang ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para
profesional.
·
Iklan Non-Komersial
Iklan Non-Komersial
Iklan
nonkomersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan
edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan
ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat. Keuntungan yang
didapat dari iklan tersebut adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan
perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan masyarakat
misalnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya
rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.
E. Syarat Iklan:
a) Iklan harus
bersifat Obyektif, proporsional, dan jujur.
b) Iklan harus
berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami khalayak ramai.
c) Iklan
sebaiknya dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat.
d) Iklan
seharusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/ produk lain.
Contoh Iklan :
Artikel ini dapat dijadikan salah satu referensi untuk tugas saya, terima kasih.
ReplyDeleteYou have outdone yourself this time. It is probably the best, most short step by step guide that I have ever seen. شراء متابعين انستقرام
ReplyDeleteJust saying thanks will not just be sufficient, for the fantasti c lucidity in your writing. I will instantly grab your rss feed to stay informed of any updates. Base Designs
ReplyDeleteI don’t think many of websites provide this type of information. 交友網
ReplyDelete