Sunday, December 16, 2018

“Malam Jahanam”: Sebuah Drama Kehidupan Kampung Nelayan oleh PBSI USD 2016 A


Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Sanata Dharma kelas A angkatan 2016, sukses menyelenggarakan pergelaran sastra dengan judul “Malam Jahanam” pada hari Jumat 16 November 2018 di Hall Selatan Kampus Sanata Dharma Paingan. Pergelaran sastra sendiri merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa/i Prodi PBSI semester 5. Adapun “Malam Jahanam” adalah sebuah naskah drama yang dibuat oleh seorang sastrawan bernama Motinggo Busye. Drama tersebut disutradarai oleh Hilarius Aryo dan dimainkan oleh lima aktor, yaitu: Ilham Priatama sebagai Mat Kontan, Adrianus Yudha sebagai Soleman, Julia Krisdayani sebagai Paijah, Markus Fillie sebagai Utai, dan Marianus Ike Muli sebagai Pak Yakob. Selain pementasan drama, ada juga musikalisasi puisi yang dibawakan saudari Erica Valentine serta pembacaan puisi oleh saudari Romana Edith, Priska Astri, dan Elan.
Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Satria Nugraha selaku Wakaprodi PBSI, Romo Prapta Diharja dan Bapak Petrus Hariyanto selaku dosen pengampu mata kuliah, serta mahasiswa/i baik yang berasal dari PBSI maupun non-PBSI. Dari sekian banyak penonton yang hadir, sebagian besar merasa terhibur dan senang atas pementasan drama yang ditampilkan. Hal tersebut dapat dilihat dari respon positif dalam bentuk kuisioner yang menyatakan bahwa mereka sangat puas. Salah satu penonton bernama Banu yang datang bersama teman-temannya mengatakan kepada panitia perihal kepuasan mereka, “Bagus sekali, Bro. Sumpah! Saya acungi jempol pokoknya!”   
Pada akhir acara, ada sesi pengenalan panitia beserta aktor yang sudah berpartisipasi dalam acara pergelaran sastra. Selain itu, banyak juga yang mengabadikan acara ini dengan berfoto bersama panitia maupun aktor. Oudi, selaku stage manager berharap semoga pergelaran sastra “Malam Jahanam” dapat menjaga kekompakan, kerja sama, dan kekeluargaan PBSI USD 2016 A, serta menjadi inspirasi bagi adik tingkat yang akan melaksanakan acara serupa. (Ton, Dy, IP)

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mas Toni, Mas Ilham, dan Mbak Dyah, terima kasih sudah mengerjakan proyek blog ini dengan baik. Informasinya menarik dan bermanfaat! Tetap menulis ya!

    ReplyDelete
  3. Wow i can say that this is another great article as expected of this blog.Bookmarked this site.. Jiorockers

    ReplyDelete
  4. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.
    사설토토

    ReplyDelete
  5. I'm glad I found this web site, I couldn't find any knowledge on this matter prior to.Also operate a site and if you are ever interested in doing some visitor writing for me if possible feel free to let me know, im always look for people to check out my web site.
    daftar dewapoker

    ReplyDelete

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...