Sunday, December 16, 2018

Tata Kelola Blog

Tampilan blog memiliki berbagai macam bentuk, hal tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan dari pemilik blog. Pemilihan tata letak dan desain blog menjadi penentu atau ciri khas dari suatu blog. Terkadang blog yang terkenal memiliki tampilan yang berbeda dengan yang lainnya sehingga pengunjung lebih faimiliar dengan blog yang dikunjunginya.



Berikut ini adalah beberapa komponen dan tata letak pada halaman blog yang sering diterapkan:
Header
          Komponen Header berada dibagian atas halaman blog, Header berfungsi untuk menampilkan logo blog, menu (navbar) dan kolom pencarian pada blog. Penggunaan Header lebih merujuk pada identitas dari blog serta sitemap atau halaman - halaman apa saja yang terdapat pada sebuah blog. Berikut terdapat gambar yang menunjukkan komponen header.
Content
Bagian Content merupakan bagian utama dari blog. Penempatan dari bagian ini berada ditengah dari halaman blog, tak jarang bagian Content berada diantara dua buah Sidebar. Penempatan bagian ini juga berpengaruh terhadap fokus dari pembaca blog yang ada, pemilihan warna latar belakang pada bagian ini juga menjadi faktor utama dalam desain blog.
Halaman Content yang relevan berisi 5-7 postingan didalamnya. Postingan tersebut diurutkan dari terbaru ke postingan lama, postingan yang ada hanya berupa cuplikan dengan beberapa kata didalamnya penempatan tanggal dan waktu posting juga menjadi suatu nilai tambah bagi pengunjung blog. 
Sidebar
Sidebar berada di samping bagian Content, pada bagian Sidebar berisi tentang posting terbaru, posting yang sering dibaca, komentar terakhir dari pembaca dll. Bagian Sidebar dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau informasi apa yang ingin ditampilkan. Tak jarang beberapa Blogger meletakkan daftar Tag, daftar Tag ini berfungsi mempermudah pengunjung untuk memilih artikel sesuai dengan kategori yang ada. 
Footer
          Bagian Footer berada di paling bawah halaman blog. Pada bagian Footer tidak memuat banyak informasi, informasi yang sering disajikan seperti copyright dari blog, tahun pembuatan serta sitemap dari blog (list menu, kategori, tag) dan juga halaman untuk menjadi subscriber.  Berikut terdapat gambar yang menunjukkan komponen footer.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...