Sunday, December 16, 2018

Pengertian dan Ciri-ciri Mading


A.    Pengertian Mading
Mading adalah singkatan dari majalah dinding (bulletin board), yaitu salah satu jenis media komunikasi yang dipajang di dinding (Tompkins dan Hoskinson: 1995). Majalah dinding adalah salah satu jenis media massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah karena memiliki konsep pengertian dan prinsip yang sama dengan majalah pada umumnya, namun majalah dinding tidak dirangkai layaknya buku. Majalah dinding dirangkai sekreatif mungkin dan ditempelkan di dinding. Dinding yang dimaksud adalah tempat strategis untuk memajang sesuatu dan dapat dibaca oleh siapa saja.

B.    Ciri-ciri Mading
1.     Dikelola Bersama
    Mading dikelola secara bertahap sama seperti jenis media massa tulis lainnya. Ada tiga tahap penting, yaitu: perencanaan, produksi, dan evaluasi. Ketiga tahap itu dikelola oleh sebuah tim mading. Tim mading terdri dari orang-orang yang bertugas dalam proses manajemen, redaksi, dan desain. Jadi, yang dimaksud dengan dikelola bersama adalah kerja sama dari berbagai pihak dalam satu tim untuk membentuk mading itu sendiri, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan evaluasi.
2.     Terbit Lebih Lama
   Mading memiliki waktu terbit yang lebih panjang. Karena sifatnya yang non-komersial, waktu penerbitan mading tidak terlalu kaku pada waktu. Majalah yang bersifat komersial pada umumnya terbit dalam waktu yang teratur. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan komersial sebuah perusahaan. Berbeda dengan majalah pada umumnya, mading lebih dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran dan berekspresi. Waktu penerbitan mading tergantung pada kemampuan masing-masing tim.
3.     Tampilan Menarik
    Bidang datar itu dapat berupa styrofoam, papan, atau benda lain yang dapat digunakan untuk menempel. Seiring perkembangannya, majalah dinding ada yang berbentuk tiga dimensi (3D). Semua itu tergantung pada tim mading.


No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...