A.
Pengertian
Mading
Mading adalah singkatan dari majalah dinding (bulletin board), yaitu salah satu jenis
media komunikasi yang dipajang di dinding (Tompkins dan Hoskinson: 1995). Majalah dinding adalah salah satu jenis
media massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah karena memiliki konsep
pengertian dan prinsip yang sama dengan majalah pada umumnya, namun majalah
dinding tidak dirangkai layaknya buku. Majalah dinding dirangkai sekreatif
mungkin dan ditempelkan di dinding. Dinding yang dimaksud adalah tempat
strategis untuk memajang sesuatu dan dapat dibaca oleh siapa saja.
B. Ciri-ciri
Mading
1. Dikelola
Bersama
Mading dikelola secara
bertahap sama seperti jenis media massa tulis lainnya. Ada tiga tahap penting,
yaitu: perencanaan, produksi, dan evaluasi. Ketiga tahap itu dikelola oleh
sebuah tim mading. Tim mading terdri dari orang-orang yang bertugas dalam
proses manajemen, redaksi, dan desain. Jadi,
yang dimaksud dengan dikelola bersama adalah kerja sama dari berbagai pihak
dalam satu tim untuk membentuk mading itu sendiri, mulai dari tahap perencanaan
sampai dengan evaluasi.
2. Terbit
Lebih Lama
Mading memiliki waktu terbit
yang lebih panjang. Karena sifatnya yang non-komersial, waktu penerbitan mading
tidak terlalu kaku pada waktu. Majalah yang bersifat komersial pada umumnya
terbit dalam waktu yang teratur. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan komersial
sebuah perusahaan. Berbeda dengan majalah pada umumnya, mading lebih
dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran dan berekspresi. Waktu
penerbitan mading tergantung pada kemampuan masing-masing tim.
3. Tampilan
Menarik
Bidang datar itu dapat berupa
styrofoam, papan, atau benda lain
yang dapat digunakan untuk menempel. Seiring perkembangannya, majalah dinding
ada yang berbentuk tiga dimensi (3D). Semua itu tergantung pada tim mading.
No comments:
Post a Comment