Sunday, December 16, 2018

Pengelolaan Media Massa dalam Jaringan Online



Pengelolaan Media Massa dalam Jaringan/Online 
 
             Pengertian manajemen media online adalah suatu proses pengelolaan media online secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan.
a.       Elemen Manajemen Media Online
Dari berbagai rujukan mengatakan bahwa kegiatan manajemen media online ini dapat diklasifikasikan dalam tiga bagian, yaitu:
1.      Manajemen Konten Media Online
Secara umum, yang dimaksud dengan konten media online adalah isi atau pesan dari informasi yang disampaikan. Jadi, manajemen konten media online adalah salah satu bagian dari perusahaan yang bertugas untuk mengelola isi atau pesan yang disampaikan melalui internet. Pada divisi ini terdiri dari; penulis, reporter/ fotografer, redaktur/ editor, pemimpin redaksi, kontributor dan koresponden.
2.      Manajemen Desain Media Online
Desain media online ini berhubungan dengan tampilan website dan berbagai elemen di dalamnya. Beberapa hal penting dalam penerapan desain media online yang baik, yaitu:
·         Loading cepat/ Ringan (fast loading)
·         Tampilan bersih (clean)
·         Ramah bagi pengguna (user friendly)
·         Desain mobile responsif (mobile friendly)
·         Ramah mesin pencari (SEO friendly)
Divisi yang menangani desain media online ini adalah web desainer atau web developer. Biasanya bagian web desainer ini bekerja sama dengan divisi lain (pemasaran dan konten) agar desain website yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria tertentu.
3.      Manajemen Pemasaran Media Online
Pemasaran media online merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis atau perusahaan. Pemasaran ini bisa dalam bentuk offline maupun online. Manajemen pemasaran media online ini biasanya meliputi:
·         Social Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization
·         Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
·         Email marketing

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...