Sunday, December 16, 2018

Penyedia Layanan Membuat Blog Secara Gratis


1.      Blogger atau Blogspot (www.blogger.com)
Blogger.com atau yang lebih dikenal dengan sebutan Blogspot, merupakan salah satu layanan blog gratis yang paling populer saat ini. Fasilitas template Blogger/Blogspot memiliki kelebihan dibandingkan dengan penyedia layanan blog gratis lainnya. Karakteristik layanan dari Blogger (Blogspot) antara lain:
a)               Satu user bisa membuat beberapa blog (multiple blog).
b)              Satu user bisa membuat team author, yang memungkinkan sebuah blog diisi oleh beberapa penulis sekaligus.
c)               Menyediakan commenting system, yang memungkinkan pengakses memberikan komentar atas tulisan di blog tersebut.
d)              Tidak menyediakan link manager, sehingga kita harus menyisipkan kode secara manual jika ingin membuat daftar link.
e)               Pada template classic (Old Blogger) tidak menyediakan link manager, sehingga kita harus menyisipkan kode secara manual jika ingin membuat daftar link. Tetapi pada template New Blogger, kita sudah dapat menambahkan link dengan mudah.
f)                Blogger.com banyak didukung oleh berbagai layanan lainnya seperti Google Video yang menyediakan video blog seperti Google Video, HaloScan yang menyediakan commenting system, dan lain-lain.
g)               Template-template khas Blogger/Blogspot banyak disediakan secara gratis oleh berbagai penyedia template di Internet.

2.      Wordpress.com (www.wordpress.com)
Layanan hosting blog gratis lain yang cukup populer adalah Wordpress.com. Layanan blog    zgratis Wordpress.com menggunakan software blog dari wordpress.org yang sering dianggap cukup handal. Fitur-fitur Wordpress antara lain:
a)               Blogroll, yaitu sejenis link manager untuk membuat daftar link. Melalui fitur ini, pengguna tidak perlu membuat daftar link secara manual atau mencari penyedia layanan link manager.
b)              Commenting system, dapat dikelola dengan mudah.
c)               Meskipun hanya dapat memilih template yang tersedia, pengguna Wordpress dapat memodifikasi/ mengganti header image, dan mengubah warna tulisan di header.
 
3.      Blogsome.com (www.blogsome.com)
Layanan dari Blogsome.com ini juga berbasis software dari Wordpress.org, yang sudah terpercaya sebagai software untuk blog. Karakteristik dari layanan Blogsome antara lain sebagai berikut:
a)               Selain dapat memilih template yang telah tersedia walaupun dalam jumlah terbatas, pengguna Blogsome.com juga dapat mengubah template sehingga memungkinkan penambahan berbagai asesori.blog. Ada cukup banyak website penyedia layanan template gratis untuk Blogsome.
b)               Menyediakan link manager dan commenting system.

4.    Blogdrive.com (www.blogdrive.com)
            Layanan blog lain yang cukup populer adalah Blogdrive.com. Sebetulnya, fitur yang disediakan oleh Blogdrive cukup lengkap, tetapi tampakmya kurang mudah digunakan bagi pemula. Seorang pemula yang baru pertama kali log in, misalnya, harus mencoba-coba masuk ke menu-menunya dahulu untuk mengetahui letak-letak fasilitas yang disediakan oleh Blogdrive. Fitur-fitur dalam Blogdrive antara lain sebagai berikut:
a)               Multiple blog dan multiple author. Dengan multiple blog, satu user dapat membuat beberapa blog, tanpa harus registrasi ulang. Dengan multiple author, sebuah blog yang kita miliki dapat dikelola bersama dengan orang lain yang kita undang sebagai team author.
b)               Commenting system, tagboard (shoutbox), serta newsletter.
c)               Selaian bisa memilih template yang tersedia, para pengguna juga dapat memodifikasi template sehingga dapat menambahkan asesori.
d)               Theme (template) manager juga kurang user friendly bagi pemula.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...