Sunday, December 16, 2018

Fungsi Tajuk Rencana



Tajuk rencana dalam surat kabar atau majalah mempunyai beberapa fungsi tertentu. Fungsi tersebut biasanya sebagai kritik atas ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat, dan memberikan wawasan kepada masyarakat atas permasalahan yang sedang hangat terjadi. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

a)     Menjelaskan berita (explaining the news)
Tajuk rencana menjelaskan berita-berita penting kepada para pembaca. Tajuk rencana berfungsi untuk menerangkan suatu kejadian tertentu bisa berlangsung, pokok permasalahan, dan solusinya.

b)     Menjelaskan latar belakang (filling in background)
Tajuk rencana dapat menggambarkan kejadian tersebut dengan latar belakang sejarah, yaitu menghubungkannya dengan sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Tajuk rencana dapat menunjukkan hubungan antara berbagai peristiwa yang terpisah: politik, ekonomi, sosial, dsb.

c)     Meramalkan masa depan (forecasting the future)
Suatu tajuk rencana menyajikan analisis yang melewati batas berbagai peristiwa sekarang dengan tujuan meramalkan sesuatu yang akan terjadi pada masa mendatang. Maksudnya adalah setelah menjelaskan beberapa informasi terkait dengan isu-isu yang sedang terjadi, tajuk rencana juga menyajikan hal tentang apa yang akan terjadi apabila permasalahan yang dibahas tetap ada.

d)     Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)
Menurut tradisi lama, para penulis tajuk rencana bertugas mempertahankan kata hati masyarakat. Mereka diharapkan dapat mempertahankan isu-isu moral dan mempertahankan  posisi mereka. Jadi, para penulis tajuk rencana akan berurusan dengan “pertimbangan nilai”. Mereka berkata pada para pembaca tentang sesuatu yang benar dan salah. Mereka berjuang untuk sesuatu yang benar dan menyerang kebatilan (Rivers, 1994: 23-24).

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...