Sunday, December 16, 2018

Mengenal Pengertian Tajuk Rencana??


Tajuk rencana dapat diartikan sebagai artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca (id.wikipedia.org).
Tajuk rencana tidak dapat disebut berita. Tajuk rencana mirip dengan opini yang ditulis oleh para penulis lepas. Bedanya, tajuk rencana ditulis oleh para redaktur yang mewakili suara lembaga pers tentang permasalahan yang sedang aktual dan banyak diberitakan di media massa, termasuk di media yang bersangkutan sementara opini biasanya ditulis oleh penulis lepas atau kontributor. Definisi tajuk rencana kemudian menjadi rancu ketika ada media massa yang menggunakan istilah berita utama untuk tajuk rencana.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tajuk rencana opini yang ditulis oleh pemimpin redaksi berdasarkan suara kolektif dari seluruh jajaran redaksi. Oleh sebab itu, tajuk rencana dapat dikatakan sebagai pendapat dan sikap resmi yang bisa menggambarkan sifat dari media pers tersebut.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...