Sunday, December 16, 2018

Pengertian Media Massa dalam Jaringan Online



 
Media massa dalam jaringan atau media  online adalah media yang disajikan secara online/dalam jaringan. Online  adalah istilah bahasa dalam internet yang artinya sebuah informasi yang dapat diakses dimana saja selama ada jaringan internet, sebagai medianya adalah website. Jika dilihat dari segi fisiknya, maka media online berarti media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia yaitu computer dan internet. Kedudukan media masa online merupakan media massa generasi ketiga diantara media lainnya yaitu, media massa cetak (koran, majalah, tabloid) dan Media masa elektronik (radio, TV). Jika lebih luas lagi, secara umum media massa online juga berarti sarana komunikasi secara online. Oleh karena itu yang termasuk kategori media massa online secara umum adalah website yang di dalamnya juga termasuk blog. Sedangkan pengertian media massa online secara khusus adalah media komunikasi massa yang memiliki karakteristik tertentu. media masa online secara khusus berarti media yang menyajikan karya jurnalistik berupa berita, artikel serta feature secara online. 
Asep Syamsul M. Romli dalam buku jurnalistik Online : Panduan Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012) mengartikan media online sebagai berikut : Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Masih menurut Romli dalam buku tersebut, media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan wikipedia sebagai “pelaporan fakta atauperistiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet”. Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...