Sunday, December 16, 2018

Jenis dan Teknik Penulisan Newsletter


Jenis dan Teknik Penulisan Newsletter


Jenis Newletter
1.     Staff Newsletter
Sarana yang efektif untuk membina hubungan dan berbagai informasi antara anggota organisasi yang mempunyai anak cabang yang berbeda maupun kegiatan di luar daerah maupun negeri.
Fungsi staff newsletter :
A.    Providing Information (menyediakan informasi)
B.     Reinforcing training
C.     Recognizing performance
2.     Customers Newsletter
Customers newsletter merupakan sarana untuk menjaga hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan pengguna produk atau jasa perusahaan.
Teknik Menulis Newsletter
1.     Menentukan Format
Menentukan format diperlukan untuk mempertimbangkan seberapa banyak anggaran yang dikeluarkan.
2.     Memikirkan Publik Sasaran
Pertanyaan dari konsumen tentang yang relevan untuk publik menjadi suatu tantangan bagi para praktisi untuk menemukan cara agar pembaca merasa nyaman saat menyimak informasi yang ada. Ketika Publik sasaran adalah publik internal dari sebuah lembaga pendidikan bahasa inggris, misalnya, akan lebih baik newsletter ditulis dalam bahasa inggris.
3.      Menjaga Keteraturan Penerbitan
Harus diingat bahwa seorang praktisi tidak hanya menulis. Oleh karena itu, ada baiknya mengajak bagian lain untuk menulis newsletter perusahaan dan praktisi akan bertindak sebagai editor.
4.     Menulis Latar Belakang yang Baik
Seringkali riset pustaka dan wawancara perlu dilakukan untuk membangun cerita yang kuat. Cerita yang ditulis tanpa dasar akan menggangggu reputasi perusahaan jika dikemudian hari diketahui bahwa praktisi tidak jujur dalam penulisan berita atau feature dalam newsletter.
5.     Gunakan Headline dalam Setiap Artikel dan Captions untuk setiap Gambar
Terkadang, newsletter untuk hotel, restoran, atau spa, lebih didominasi oleh gambar yang cerah untuk menarik public sasaran. Newsletter dari industry jasa tersebut seringkali berisi produk jasa atau makanan yang ditawarkan.
6.     Mempertimbangkan Penampilan
Grafik yang atraktif dapat mengganggu isi newsletter.  Isi yang relevan dan ditulis dengan baik harus dapat di baca sebagai sebuah artikel walaupun sederhana. Selain itu, newsletter yang dikirim lewat email juga akan memiliki karakteristik yang berbeda dengan versi cetak.
7.      Memilih Item yang Memiliki Daya Tarik
Seseorang memutuskan untuk membaca atau tidak dalam hitungan detik. Editorial atau pesan dari pimpinan harus memiliki ruang tetap setelah item lead. Berita organisasi atau yang lebih spesifik ditempatkan sesudahnya. Hal tersebut akan berpeluang terhadap pemberian perhatian. Sementara yang sudah familiar dengan newsletter anda akan tahu di mana harus mencari informasi yang mereka inginkan.
8.      Pelajari Perbedaan antara Informasi Sederhana dengan Sebuah Cerita
Informasi menjadi sebuah cerita ketika seseorang membicarakannya. Kutip beberapa sumber saat menulis cerita. Kutipan membuat cerita menjadi lebih hidup. Kutipan diharapkan dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal sama yang ditulis dalam newsletter.


No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...