Tuesday, November 20, 2018

Pengertian Berita

          Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya. Hal itu juga berlaku saat kita membicarakan definisi/pengertian dari berita. Banyak ahli yang menyatakan pendapatnya masing-masing, namun dari sekian banyak pendapat yang dikemukakan, pada blog ini hanya akan dicantumkan definisi berita menurut dua pakar saja.
Sumber yang pertama, yaitu definisi berita yang diungkapkan oleh Mitchel V. Charnley. Menurut Mitchel V. Charnley, berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka. Sedangkan sumber kedua merupakan definisi berita yang diungkapkan oleh Dean M. Lyle Spencer, Williard C. Bleyer, William S. Maulsby, dan Eric C. Hepwood. Menurut mereka, berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang dapat menarik perhatian pembaca.
Berdasarkan dua definisi mengenai pengertian berita di atas, dapat kita tarik sebuah kesimpulan tentang pengertian/definisi dari berita. Berita merupakan laporan atau informasi tercepat mengenai suatu kejadian yang berdasarkan fakta serta memilki sifat yang unik dan menarik sehingga dapat mengundang perhatian seseorang atau sekelompok orang untuk menyimak maupun membaca informasi tersebut.

1 comment:

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...