Tuesday, November 20, 2018

Teknik Mencari Bahan Berita



Apabila kita ingin melakukan suatu hal, tentunya ada cara/teknik yang harus dilakukan agar hasil yang diraih dapat maksimal. Tak terkecuali saat akan mencari bahan berita. Teknik-teknik yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk mencari bahan berita yaitu:  
A.   Reportase
Reportase merupakan sebuah kegiatan jurnalistik berupa terjun langsung ke lapangan atau TKP (Tempat Kejadian Perkara). Fakta data yang dikumpulkan harus memenuhi unsur 5W+1H. Peristiwa yang diliput harus bernilai jurnalistik atau bernilai berita (news values), yakni aktual, faktual, penting dan menarik. Secara garis besar, peristiwa sendiri terbagi menjadi dua:
a.       Peristiwa yang terduga. Peristiwa terduga contohnya seperti perayaan ulang tahun, deklarasi partai, peresmian Gedung dan sebagainya.
b.      Peristiwa yang tak terduga. Peristiwa tak terduga contohnya seperti kebakaran, banjir, kriminalitas, kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.
B.    Wawancara
Liputan berupa wawancara bertujuan untuk menggali informasi, komentar, opini seseorang, serta data tentang suatu masalah yang secara terbuka untuk mengajukan pertanyaan pada narasumber.
C.    Riset Kepustakaan
Riset kepustakaan (studi literatur) adalah teknik peliputan atau pengumpulan data dengan mencari makalah atau artikel koran atau menggunakan Search Engine di internet untuk memperdalam suatu masalah.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...