Sebuah iklan pasti tersusun atas komponen-komponen
yang saling berkaitan. Komponen yang serasi, tentunya juga dapat membuat iklan
semakin enak untuk dilihat. Adapun struktur yang biasanya terdapat dalam iklan
adalah sebagai berikut:
1.
Judul
Judul merupakan
bagian terpenting dalam teks iklan karena judul menjadi bagian yang pertama
kali dilihat oleh konsumen atau pembaca. Maka dari itu, judul yang dibuat harus
dapat terlihat jelas sehingga konsumen atau pembaca dapat tertarik dengan iklan
yang ingin disampaikan. Selain judul yang jelas, ternyata judul iklan yang unik
dan menarik juga dapat menjadi nilai plus tersendiri bagi iklan yang
bersangkutan.
2.
Nama Produk atau Jasa
Nama produk atau jasa berfungsi untuk
mengenalkan barang atau jasa kepada
konsumen. Tujuannya
agar pembaca atau konsumen mengetahui dan memahami tentang nama dan jenis
barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen.
3.
Deskripsi Produk
Selain kedua bagian yang
sudah disebutkan di atas, bagian terakhir yang tidak boleh dilewatkan oleh
produsen dalam membuat iklan adalah deskripsi produk. Deskripsi produk
bertujuan untuk membuat para calon kunsumen mengetahui produk yang dibuat dan
semakin meningkatkan minat konsumen terhadap produk tersebut. Deskripsi
tentang produk ini meliputi spesifikasi produk, cara mendapatkan produk iklan
yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
No comments:
Post a Comment