Sunday, December 16, 2018

Manfaat dan Tahap Penerbitan Mading



A.    Manfaat Mading
1.      Sebagai Media Komunikasi
Mading dapat dikatakan sebagai media komunikasi dikarenakan mading itu sendiri merupakan bagian dari sarana komunikasi. Dengan pemasangan di segala tempat, mading dapat dikatakan sebagai sarana yang paling praktis. Dengan adanya sebuah mading, maka bermacam informasi dapat tersampaikan secara mudah ke semua tempat.
2.     Wadah untuk Kreativitas
Dari sisi penulis, majalah dinding atau mading merupakan tempat untuk mencurahkan berbagai macam ide. Dalam hal ini, mading digunakan sebagai media untuk menuangkan ide itu. Sisi lainnya adalah mading dapat menjadi sebuah tuangan aspirasi secara pribadi.
3.     Menanamkan Kebiasaan Membaca
Mading memiliki andil yang besar di mana dunia akan luas jika kegemaran membaca semakin ditanamkan. Mading dapat tampil setiap saat dan dapat diterbitkan oleh siapa saja dalam waktu jangka yang relatif panjang, tegantung dari antusiasme para pembaca.
4.     Pengisi Waktu
Dengan adanya mading, waktu luang bisa digunakan untuk aktif menulis. Jika semakin banyak menulis di dalam mading, akan banyak manfaat baik bagi perkembangan maupun pertumbuhan jiwa.
5.     Melatih Kecerdasan Berpikir
Kebiasaan membaca akan dapat membuat pengetahuan pembaca semakin bertambah dalam berbagai bidang. Jadi semakin banyak membaca maka pengetahuan pun akan semakin bertambah. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat menjadi sebuah pendorong bertambahnya kecerdasan.
6.     Melatih Diri dalam Berorganisasi
Mading akan dapat membiasakan diri pada perencanaan yang matang dalam sebuah organisasi kelompok.

B.    Tahap Penerbitan Mading
1.   Pengumpulan Bahan, mengumpulkan bahan-bahan yang didapat dari orang lain. Selanjutnya, tim redaksi akan bekerja sama dengan pihak terkait dalam hal sosialiasi dan pengumpulan bahan mading.
2.  Proses Editing, dilakukan oleh tim redaksi dalam tim mading yang meliputi kegiatan memilah tema tulisan, isi tulisan, dan penyempurnaan sebuah presentasi tulisan sebelum ditata ulang.
3.  Penataan, penyusunan bahan dari hasil editing yang telah menjadi sebuah tata mading yang benar dan layak untuk diterbitkan.
4.   Penerbitan, dilakukan sesuai dengan target (mingguan, bulanan ataupun tahunan). Dengan ini, peran tim yang termasuk dalam penerbitan mading sangat ditentukan untuk menerbitkan mading.
5.    Pembukuan, Pembukuan itu dilakukan sesuai dengan nomor terbit atau edisi terbit. Selajutnya mading yang telah dibukukan akan disimpan di perpustakaan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bacaan.


No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...