Sunday, December 16, 2018

Ciri-ciri Kebahasaan Teks Iklan





Iklan yang menarik harus dibuat dengan bahasa yang menarik pula. Baha iklan yang menarik dapat mempengaruhi minat calon konsumen untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan. Berikut akan dipaparkan mengenai kaidah kebahasaan dalam iklan.

1. Menggunakan Slogan
Slogan merupakan sekumpulan kata atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan suatu maksud tertentu. Pada umumnya slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang mudah diingat. Tentunya, setiap slogan harus memiliki daya tarik yang kuat sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada sasaran. Slogan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia periklanan. Dengan slogan, iklan dapat mudah diingat oleh konsumen. Maka dari itu, kata-kata dalam slogan iklan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan zaman agar masyarakat atau konsumen semakin mudah mengingatnya. Penggunaan slogan yang berhasil dapat diamati dari seberapa jauh masyarakat mengenal dan mengingat slogan tersebut.

2. Menggunakan Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca  agar melaksanakan atau menerima gagasan akan suatu hal. Contoh kalimat persuasif yang sering disertakan dalam suatu produk misalnya: “murah, cepat dan handal”, “beli rumah gak pake mikir, tanpa dp, tanpa syarat ribet”, “produk yang direkomendasikan oleh jutaan dokter mata diseluruh dunia”.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
            Teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Misalnya kata aku, saya, dan kami. Subjek orang pertama ini digunakan untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...