Sunday, December 16, 2018

Teknik Penyuntingan


Bagaimana Teknik untuk Melakukan Penyuntingan???

            Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan penyuntingan terhadap konten-konten media massa. Hal-hal tersebut harus dilakukan agar hasil penyuntingan yang dilakukan membuahkan hasil yang lebih maksimal. Adapun teknik-teknik tersebut antara lain: 
1.      Teknik Memeriksa Format
Memeriksa format yang tepat untuk mengetahui apakah suatu informasi dapat disajikan sesuai dengan format yang ada. Misalnya adanya pebedaan bentuk format berita dan opini.
2.      Teknik Memeriksa Penulisan
Penulisan dapat diteliti dengan mencermati struktur dari informasi yang ingin disampaiakan (judul, pembukaan, tubuh tulisan, dan penutup).
3.      Teknik Memeriksa Teras Tulisan
Pemeriksaan teknik penulisan selalu dimulai dari alinea pembukaan (teras, lend), kemudian tubuh tulisan, penutup dan terakir judul. Judul diperiksa dibagian akhir karena akan ada kemungkinan judul kurang tepat atau terlalu panjang sehingga perlu diganti.
4.      Teknik Memeriksa Tubuh atau Isi Sebuah Tulisan
Tubuh tulisan pada dasarnya dibangun oleh sejumlah alinea. Alinea merupakan satuan terbesar dalam wacana. Dalam alinea, ide, fakta, gagasan, peristiwa dan sebagainya disampaikan secara utuh. Ketika melakukan proses penyuntingan redaktur perlu mengkaji apakah alinea tulisan itu memiliki pokok pikiran tunggal atau memiliki pokok pikiran ganda. Ketika dalam proses penulisan naskah, ada beberapa kemungkinan terdapat ide yang tercecer, ada pemikiran yang terputus, dan ada uraian yang tidak relevan. Pada langkah ini perlu kecermatan tersendiri dalam pemahaman isi yaitu dengan memperhatikan kalimat yang satu dengan kalimat yang lain, lalu dari alinea satu dengan alinea lain. Hubungan antar-kalimat dan antar-alinea yang relevan.
5.      Teknik Memeriksa Penutup Tulisan
Pemilihan penutup yang baik akan membuat pembaca merasakan puas dan memiliki semangat untuk membaca tulisan selanjutnya.
6.      Teknik Memeriksa Kecermatan Bahasa
Suatu naskah juga menyangkut pemeriksaan dan penyempurnaan bahasa. Redaktur harus menerapkan kaidah pemakaian bahasa untuk jurnalistik. Agar mudah dipahami pembaca, aspek bahasa harus memperhatikan sejumlah hal seperti, pilihan kata, ekonomi, kata, kalimat, dan sebagainya.
7.      Teknik Memeriksa Kecermatan Diksi
Kata-kata yang dipakai memberikan arti yang spesifik kepada pembaca, dan tidak membuat pebaca mengorbankan waktunya hanya untuk merenungkan makna kata tersebut.
8.      Teknik Memeriksa Efektivitas Kalimat
Kalimat yang panjang perlu diringkas untuk menjadikan kalimat yang efektif tanpa harus mengurangi makna yang disampaikan.
9.      Teknik Memeriksa Judul Tulisan
Judul adalah bagian tulisan yang pertama-tama dilihat pembaca. Karena itu, judul perlu ditulis secara menarik, ringkas dan jelas. Adanya judul yang ambigu yang mengharuskan penyunting untuk meneliti secara cermat dalammenyunting sebuah tulisan.
10.  Pemeriksaan Foto dan Materi Pelengkap
Materi pelengkap yang berwujud fisual biasanya dihargai pembaca, apalagi jika materi itu membantu pembaca untuk lebih cepat menyerap informasi. Kualitas, ketepatan, dan kebenaran pada data, grafik, tabel, foto, bagan yang relevan akan membantu pembaca untuk lebih mudah percaya dan memahami tujuan dari penulis.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...