Monday, December 3, 2018

Pengertian Opini

 
h

Pengertian Opini 
 
Media massa merupakan sumber informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dimulai dari media cetak seperti koran dan majalah, media elektronik seperti televisi, radio, dan film, serta media online seperti website, blog, media sosial, dan portal berita. Dalam suatu media massa, biasanya terdapat rubrik/halaman yang memuat satu atau lebih tulisan yang berisikan pendapat maupun tanggapan terhadap suatu hal. Tulisan yang berisi tanggapan itu sering disebut dengan opini. Namun apakah sebenarnya penjabaran dari opini?

Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa sumber yang dapat dijadikan referensi.  Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary, opini merupakan suatu pandangan, keputusan atau taksiran yang terbentuk di dalam pikiran mengenai suatu persoalan terntentu. Sedangkan menurut Frazier Moore (2004), Opini merupakan hal yang lebih kuat dari pada sebuah kesan tetapi lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif. Opini merupakan suatu kesimpulan yang ada dalam pikiran dan belum dikeluarkan untuk di perdebatkan. Referensi yang ketiga yaitu menurut KBBI. Menurut KBBI, opini merupakan pendapat, pikiran, pendirian terhadap suatu hal atau permasalahan.
Berdasarkan referensi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah opini tidak dapat dijamin kebenarannya karena tidak diperkuat dengan adanya fakta. Opini jelas bukan fakta, jika fakta merupakan sesuatu yang memang benar, maka opini merupakan sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Opini bisa menjadi fakta jika opini tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda-beda dan memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapat atau mengeluarkan opini pada setiap kejadian atau peristiwa tertentu.



            Sumber:  ttps://any.web.id/arti-ciri-dan-jenis-opini.info

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...