Monday, December 3, 2018

Ciri-ciri Opini


Sumber: https://salamadian.com/contoh-kalimat-fakta-dan-kalimat-opini/
 
      Opini merupakan pandangan, tanggapan, atau pendapat terhadap suatu topik permasalahan. Dapat dikatakan jika opini bersifat subyektif dan belum tentu terbukti kebenarannya. Hal tersebut tentu saja berlawanan dengan fakta yang didasarkan pada kejadian nyata dan bersifat real. Ada beberapa ciri-ciri yang dapat dijadikan acuan agar seseorang dapat membedakan antara opini dengan fakta. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1.      Ciri-ciri Opini
Opini memiliki beberapa ciri, diantaranya seperti:
  1. Isi dari Opini merupakan hasil pemahaman atau penilaian seseorang terhadap suatu peristiwa/kejadian yang terjadi.
  2. Opini belum tentu benar, jadi perlu pembuktian untuk mengetahui kebenarannya oleh karena itu memerlukan bukti-bukti yang tepat.
  3. Biasanya pernyataan opini hanya berupa saran atau usul saja terhadap suatu peristiwa/kejadian.
  4. Dalam mengungkapkan opini umumnya selalu di awali menggunakan kalimat mungkin, misal, bisa saja, bisa jadi, menurut pendapat saya, menurut saya, dan lain-lain.
2.      Ciri-ciri Kalimat Opini
Adapun beberapa ciri dari kalimat Opini, diantaranya seperti:
  1. Kalimat yang belum dibuktikan kebenaranya.
  2. Kalimat yang sifatnya subjektif, biasanya ada yang dilengkapi dengan saran, pendapat, ataupun prediksi mengenai sebab maupun akibat suatu peristiwa/kejadian.
  3. Kalimatnya dari pemikiran sendiri, atau merupakan pendapat seseorang dari pemikirannya sendiri.
  4. Tidak ada data akurat yang dapat mendukung kebenaran kalimat opini tersebut. Jadi kalimat opini tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya.
  5. Kalimat bisa berisi pendapat mengenai suatu peristiwa/kejadian. Kalimat pendapat tersebut bisa mengenai jawaban pertanyaan dari apa, mengapa, bagaimana, dan lain-lain.
  6. Kalimat dapat berupa rencana mengenai suatu peristiwa/kejadian yang belum/akan terjadi.
  7. Kalimat opini bisa saja berisi kalimat yang belum tentu kejadiannya. Kalimat ini umumnya diawali dengan kata rasanya, menurut saya, dan lain-lain.
  8. Kalimat opini biasanya di awali menggunakan kata-kata seperti: bisa jadi, menurut saya, tidak mungkin, sebaiknya, seharusnya, bisa saja,bisa jadi,dan lain-lain.
  9. Jika kalimat opini tersebut berupa informasi, maka informasi tersebut belum tentu kebenarannya.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...