Sunday, December 2, 2018

Macam-macam Berita


             

 

     Jenis-jenis berita berita dapat digolongkan menjadi dua kelompok besar, yaitu: berdasarkan sifat kejadian dan berdasarkan soal atau masalah yang dimuat. Apabila ditinjau dari sisi sifat kejadiannya, berita dibagi menjadi: berita yang diduga dan berita yang tidak diduga. Sedangkan jika ditinjau dari sisi persoalan atau masalah yang dimuat, berita dibagi menjadi:  berita politik, berita ekonomi, berita kejahatan, berita kecelakaan/kebakaran, berita olahraga, berita militer, berita ilmiah. Penjelasan dari masing-masing jenis berita tersebut adalah sebagai berikut:
A. Berdasarkan Sifat Kejadian Berita
     Berdasarkan sifat kejadian berita, atau sifat terjadinya berita:
a.    Berita yang diduga, yakni berita yang sudah diduga akan terjadi. Penggolongan macam berita terduga yaitu termasuk undangan yang diterima redaksi untuk menentukan akan terjadinya sesuatu pada tanggal tertentu. Contoh dari berita terduga, perayaan Hari Ibu, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, Hari Lahir Pancasila dan lain sebagainya.
b.    Berita yang tak terduga, yakni berita yang kejadiannya tak terduga sama sekali, yang terjadi secara tiba-tiba. Contoh dari berita tak terduga; pembunuhan misterius, kebakaran yang memusnahkan puluhan rumah warga dan lain sebagainya.

B.     Berdasarkan Soal atau Masalah yang Dicakupnya
Macam berita yang termasuk dalam bagian ini sangat banyak, yaitu: berita politik, ekonomi, olahraga, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan lain sebagainya. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
a.      Berita Politik
Berita politik merupakan berita yang memuat masalah kenegaraan, masalah diplomasi internasional, pemilihan umum dan krisis kabinet, sampai pada masalah politik yang timbuh dari daerah-daerah terpinggir serta pelosok. Berita politik selalu menarik akan perhatian pembaca karena politik abad dua puluh dan abad demokrasi sangat mempengaruhi kepentingan pribadi-pribadi dalam suatu negara.  Contoh judul berita politik, ‘’Sandiaga Ingin Pilpres 2019 Sejuk dengan Teletubbies Effect’’ diambil dari https://www.liputan6.com/news/politik.
b.     Berita Ekonomi
Berita ekonomi merupakan berita khusus yang hanya menyiarkan tentang ekonomi, contohnya The Economic di Inggris, dan Jurnal Ekonomi di Indonesia. Berita ekonomi menjadi daya tarik tersendiri di bidang usaha bagi para usahawan. Patut dikemukakan bahwa berita ekonomi tidak hanya membahas masalah perdagangan saja, akan tetapi mengenai masalah lain seperti perindustrian, perburuhan, catatan harga pasar, bursa dan sebagainya. Contoh judul berita ekonomi, ‘’ Penjelasan Sri Mulyani Soal Kondisi Ekonomi Dunia dan Cara Menghadapinya’’ diambil dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3644627/penjelasan-sri-mulyani-soal-kondisi-ekonomi-dunia-dan-cara-menghadapinya.
c.      Berita Kejahatan
Berita kejahatan merupakan berita yang membahas hal-hal seputar dunia kriminal dan segala kejadian yang melanggar peraturan serta undang-undang negara. Di Indonesia, pemberitaan kejahatan biasanya tidak dimuat pada halaman utama. Akan tetapi apabila kejahatannya cukup besar, maka berita tersebut akan dimuat di halaman utama. Berita kejahatan yang dimaksud ialah pembunuhan, penodongan, pemerkosaaan, perampokan pembegalan, serta pencurian dan lain sebagainya. Menulis berita kejahatan pasti memiliki kode etik penulis, misalnya tidak melebih-lebihkan berita, tidak menginformasikan berita secara sembarangan dan selalu berupaya untuk menjaga moral masyarakat agar tidak melanggar aturan negara. Contoh judul berita kejahatan,’’Polisi Berhasil Meringkus 3 Pelaku Penganiayaan dan Pemerkosaan’’ diambil dari https://www.liputan6.com/tag/kejahatan.
d.     Berita Kecelakaan atau Kebakaran
Selain tergolong dalam klasifikasi berita menurut soal atau masalah yang dicakupnya, berita kecelakaan/ kebakaran sebenarnya juga dapat digolongkan ke dalam klasifikasi berita menurut sifat kejadiannya, yaitu berita tak terduga. Contoh judul berita kecelakaan, ‘’Rem Blong, Bus Rombongan Guru Masuk ke Jurang’’ diambil dari https://www.liputan6.com/tag/kecelakaan-lalu-lintas.
e.      Berita Olah Raga
Berita olahraga adalah berita yang membahas mengenai dunia olahraga beserta segala sesuatu yang ada di dalamnya. Biasanya berita olahraga dapat menarik minat pembaca apabila di dalamnya terdapat unsur pertentangan, yaitu hipotesa sementara mengenai pihak mana yang menjadi pemenang dan pihak mana yang akan kalah. Pemberitaan mengenai dunia olahraga biasanya akan mencapai puncaknya pada saat diadakan suatu pesta olahraga, baik yang bersifat regional, nasional, dan internasional. Isi bahasan dari berita olahraga biasanya berupa pertandingan basket, sepak bola, renang, senam dan segala macamnya. Contoh judul berita olahraga, ‘’ Selain Kobarkan Semangat Olahraga, Asian Games 2018 Juga Bangkitkan Kreasi Seni’’ diambil dari https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3636277/selain-kobarkan-semangat-olahraga-asian-games-2018-juga-bangkitkan-kreasi-seni.
f.      Berita Militer
Berita militer merupakan berita yang berisi pembahasan mengenai persenjataan, alutsista negara, dan peristiwa-peristiwa seputar peperangan yang dilakukan oleh suatu golongan terhadap golongan lain. Apabila keadaan di suatu wilayah sedang dalam keadaan damai, biasanya pemberitaan seputar dunia militer akan kalah banyak disbanding dengan berita lain. Akan tetapi apabila di suatu wilayah sedang mengalami konflik atau peperangan, maka berita militer akan menjadi berita utama dalam suatu pemberitaan. Dalam penyiaran berita militer banyak terjadi pertentangan antara pers di satu pihak dengan militer di pihak yang lain. Pertentangan ini diakibatkan karena fungsi pers yang harus menyiarkan segala kejadian. Sedang sebaliknya dalam beberapa hal, kalangan militer menghendaki adanya rahasia untuk keperluan pertahanan. Contoh judul berita militer, ‘’AS Ancam Balas Serangan Pro-Iran di Baghdad Militer’’ diambil dari https://www.google.co.id/amp//s/m.republika.co.id/amp/pexge9377. 
g.     Berita Ilmiah
Berita ilmiah adalah segala berita-berita kemajuan ilmu pengetahuan, baik berupa penemuan-penemuan baru, teori-teori baru, perbaikan cara kerja yang baru, hasil survey, penemuan-penemuan ahli ilmu pengetahuan, dsb. Penemuan yang dimaksud biasanya berupa penemuan obat antibiotika, alat elektronik, persenjataan nuklir, dll. Contoh judul berita ilmiah, ‘’Profesor Pohon Pisang’’ diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2017/03/01/22485371/profesor.pohon.pisang.


No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...