Sunday, December 2, 2018

Pengertian Media Massa

                                      

Sebagian besar dari kita tentu saja sudah sangat akrab dengan yang namanya media massa. Hampir setiap hari, kita menjumpai media massa di sekitar kita, mulai dari media massa cetak, elektronik, hingga yang berwujud online. Akan tetapi, apa sih sebenarnya pengertian media? Media massa (dalam bahasa Inggris sering disebut Mass Media) merupakan bentuk pendek dari Media Komunikasi Massa. Secara etimologis, media massa berasal dari bahasa Latin medium yang berarti perantara atau pengantar, sedangkan massa merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris mass yang artinya massa atau jumlah besar kata benda (bersifat banyak/besar-besaran).  
Ada beberapa sumber yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui gambaran tentang media massa. Sumber-sumber tersebut antara lain:
a.      AECT (Association for Education Communications Technology)
AECT membatasi media sebagai bentuk-bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
b.     NEA (National Education Assocation)
NEA membatasi media sebagai bentuk-bentuk komunikasi, baik tercetak maupun audiovisual.
c.      Heinich
Menurut Heinich, media berfungsi sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.
            Berdasarkan acuan di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa media massa adalah sarana untuk mengantarkan informasi, menyampaikan pesan ataupun aspirasi kepada masyarakat luas dalam bentuk tercetak, audio, dan audiovisual.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Berita

           Berbicara mengenai definisi suatu hal, rasanya akan kurang jika kita tidak mencari referensi dari para ahli/pakar di bidangnya...